Home Teknologi Yuk Mengenal Mata Uang Digital Bitcoin

Yuk Mengenal Mata Uang Digital Bitcoin

Sebagai sebuah mata uang virtual atau digital, Bitcoin sebenarnya sudah cukup lama muncul dan dikembangkan di dunia. Tetapi, hingga kini, beberapa kalangan masih asing dengan istilah Bitcoin. Jika kamu juga masih awam dengan istilah ini, untuk mengurangi rasa penasaranmu, berikut akan dikupas secara singkat dan jelas mengenai Bitcoin.

Apa itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin
Sumber: André François McKenzie from Unsplash

Bitcoin mulanya diciptakan dan dikembangkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama pencipta Bitcoin sendiri katanya merupakan nama samaran dan bukan nama asli. Bitcoin ini merupakan jenis mata uang virtual yang hanya ada di dunia digital saja.

Meskipun berjenis uang virtual, akan tetapi Bitcoin juga bisa kamu gunakan dalam bertransaksi seperti belanja produk. Beberapa merchants pun juga telah menerima Bitcoin sebagai mata uang untuk pembayaran misalnya Microsoft, Paypal, Dell, dan lain sebagainya.

Selain belanja, Bitcoin juga bisa kamu gunakan untuk berinvestasi. Inilah yang membuat Bitcoin mulai dikenal oleh banyak orang karena penggunaanya dalam investasi. Penggunaan Bitcoin sebagai investasi juga didukung oleh nilai mata uang Bitcoin yang cenderung naik setiap tahunnya dengan nilai tukar yang begitu fantastis, bahkan nilainya bisa mengalahkan nilai emas.

Disamping itu, Bitcoin juga hadir tanpa adanya pengawasan atau kontrol dari negara maupun bank sentral. Sehingga, bisa dikatakan kalau penggunaan Bitcoin ini lebih bebas dan universal.

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin
Sumber: Gerd Altmann from Pixabay

Sebagai mata uang virtual yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran, Bitcoin juga punya kelebihan dibanding mata uang konvensional. Kelebihannya yang pertama adalah Bitcoin tidak mengenal batasan aturan wilayah negara maupun aturan perbankan.

Selanjutnya, penggunaan Bitcoin cenderung transparan karena informasinya bisa diakses oleh seluruh pengguna. Serta, pengguna Bitcoin juga tidak diharuskan untuk mencantumkan data pribadi. Namun disamping adanya  kelebihan-kelebihan tersebut, Bitcoin juga mempunyai kekurangannya tersendiri.

Beberapa diantaranya adalah Bitcoin sebagai alat pembayaran masih cukup minim dibanding dengan mata uang konvensional, memberikan peluang terjadinya kejahatan seperti pencucian uang, dan rentang terkena hacking mengingat Bitcoin adalah uang virtual yang ada di dunia maya.

Baca juga: Mengenal Cloud Komputer

Cara Mendapatkan Bitcoin

Setelah tahu apa itu Bitcoin serta kelebihan ataupun kekurangannya, kamu pastinya bertanya-tanya bagaimana cara untuk bisa mendapatkan Bitcoin. Cara-cara yang bisa kamu aplikasikan bila kamu tertarik untuk mendapatkan Bitcoin, diantaranya:

Cara Mendapatkan Bitcoin
Sumber: Vadim Taranov from Pixabay

  • Bitcoin Mining

Istilah yang satu ini bisa diartikan sebagai penambangan Bitcoin yang mana dilakukan dengan memverifikasi transaksi serta menciptakan Bitcoin yang baru. Prosesnya dimulai dengan adanya intruksi untuk memindahkan Bitcoin dari satu rekening ke rekening lain.

Di sini, para penambang atau maintainer akan melakukan proses validasi dengan memecahkan perhitungan matematika yang rumit. Jika validasi berhasil dilakukan, maka maintainer akan mendapatkan sebagian kecil nilai Bitcoin itu.

  • Membeli Melalui Website Khusus

Cara yang lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan membelinya di website-website khusus yang menjual Bitcoin. Beberapa website di Indonesia yang menjual Bitcoin adalah Luno, bitcoin.co.id, serta CoinBase.

Bitcoin di Indonesia

Bitcoin di Indonesia
Sumber: Dmitry Demidko from Unsplash

Sampai saat ini, Bitcoin belum dijadikan sebagai mata uang sah di Indonesia. Hal ini sudah tercantum dalam pernyataan Bank Indonesia pada Februari 2014 yang mana merujukpada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011.

Disamping itu, Bank Indonesia juga memberikan himbauan agar masyarakat Indonesia berhati-hati dalam menggunakan Bitcoin. Di beberapa negara yang lain juga, Bitcoin dilarang untuk digunakan sebagai mata uang sah seperti di Thailand dan Malaysia. Bahkan, di Cina, mata uang Bitcoin ini tidak diakui atau diblokir sebagai mata uang sah.

Baca juga: 6 Cara Menjadi YouTuber

Nah, itu dia sekilas penjelasan mengenai Bitcoin. Hingga saat ini, jenis mata uang virtual sudah mencapai angka ribuan, namun Bitcoin masih menjadi salah satu mata uang virtual yang lebih dikenal oleh banyak orang. Jika kamu memang tertarik untuk punya Bitcoin, pastikan kamu sudah mempertimbangkan dengan matang dan memahami terlebih dulu keuntungan dan resiko Bitcoin lebih dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

6 Tempat Kemping di Bandung

Udara yang sejuk di daerah Bandung menjadikan kota satu ini sebagai tujuan bagi wisatawan yang ingin kemping. Selain untuk kemping, kebanyakan tempat wisata di...

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

Buat kamu yang hobi banget icip-icip makanan, 10 makanan khas Indonesia ini wajib kamu coba. Kenapa? 10 Makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, bahkan makanan...

Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Salah satu sosial media yang cukup menarik banyak perhatian orang adalah Instagram. Kamu pastinya juga jadi salah satu pengguna Instagram ‘kan? Sosial media yang...

Cara Menabung untuk Liburan

Liburan sudah menjadi kebutuhan pribadi bagi setiap orang. Meskipun hanya bisa melakukan satu kali dalam setahun, setidaknya kamu harus memberikan waktu untuk berlibur. Tapi,...

7 Cara Membedakan Lipstik Matte Asli dengan Palsu

Salah satu item wajib untuk make up adalah lipstik, bener kan girls? Lipstik itu banyak macamnya. Ada lipstik matte, satin, velvet, lip tint atau...