Home Kecantikan 8 Cara Membuat Masker Wajah, Cepat dan Ampuh!

8 Cara Membuat Masker Wajah, Cepat dan Ampuh!

Memiliki kulit yang sehat, bersih dan cerah memang jadi impian semua orang kan? Terutama sih kaum hawa, ya nggak girls?

Untuk mewujudkan kondisi kulit yang demikian, tentu bukanlah proses yang instan. Kadang ada yang perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah dan waktu bertahun-tahun. Ada pula yang hanya memakai perawatan dari bahan-bahan alami saja udah kinclong dan sehat. Semua itu bergantung dengan kondisi kulit masing-masing.

Perawatanya apa aja? Bisa pakai masker, krim pagi malam, toner, serum, facial wash atau yang lainnya. Nah kali ini Goodmeme akan share ke kamu semua cara membuat masker wajah dari bahan-bahan alami. Nggak usah ragu, karena hasilnya nggak kalah menakjubkan dari masker di toko. Penasaran? Keep reading!

Cara Membuat Masker Wajah untuk Mencerahkan Kulit

8 Cara Membuat Masker Wajah Cepat dan Ampuh
Sumber: Foto oleh Shiny Diamond dari Pexels

Masker alami yang mampu mencerahkan umumnya mengandung vitamin C dan susu. Kombinasi kedua bahan tersebut mampu membuat wajah yang kusam jadi lebih cerah. Tetapi inggat ya girsl, nggak semua wajah bisa cocok dengan masker alami ini. Sebab itu, kamu perlu berhati-hati ketika menggunakannya. Kalau ada yang aneh langsung hentikan pemakaian ya!

Apa saja jenis masker yang dapat mencerahkan kulit? Bagaimana cara membuat masker wajahnya? Simak baik-baik di bawah ini!

1. Masker Stroberi

Kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin C ada di buah stroberi. Dua senyawa ini mampu menutrisi kulit wajah kamu dan membuatnya lebih cerah. Selain itu, stroberi juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini yang terjadi di kulit.

Cara membuat masker wajah stroberi:

  • Siapkan 6-10 buah stroberi yang segar dan 1 sdt madu murni.
  • Kemudian blender semua bahan tersebut hingga bertekstur menyerupai bubur.
  • Setelah jadi, oleskan masker ke kulit wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air hangat supaya nutrisi masker dapat terserap dengan sempurna ke kulit.
  • Baru setelah itu bilas kembali dengan air dingin.

2. Masker Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen yang berperan sebagai antioksidan tinggi pada kulit wajah. Tomat pun mengandung vitamin C yang mampu mengubah kulit menjadi lebih cerah. Bagaimana cara membuat masker wajah dari tomat?

  • Ekstrak tomat dan ambil airnya sebanyak 2 sdm
  • Siapkan buttermilk sebanyak 3 sdt dan kapas kecantikan
  • Campur seluruh bahan menjadi satu dan aduk hingga merata
  • Setelah selesai, oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 25-30 menit
  • Bilas dengan air bersih

3. Masker Campuran Madu dan Susu

Manfaat utama dari madu adalah sebagai pelembab alami. Tetapi di sisi lain, madu pun mampu mencerahkan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati. Dipadukan dengan susu yang sudah pasti ampuh dalam membuat kulit tampak lebih cerah. Kalau kamu tertarik membuat masker campuran madu dan susu, begini langkah-langkahnya.

  • Siapkan 2 sdt susu dan 2 sdt madu beserta kapas kecantikan
  • Hangatkan susu kemudian campur dengan madu. Setelahnya aduk hingga kedua bahan tercampur rata
  • Kemudian oleskan campuran madu dan susu tadi ke kulit wajahmu selama 10-20 menit
  • Bilas dengan air hangat dan bilas dengan air dingin setelahnya.

4. Masker Alpukat

Kandungan asam lemak, vitamin serta antioksidan yang terdapat paa alpukat ternyata juga mampu mencerahkan wajah kamu loh. Selain itu, masker dari alpukat ini pun mampu mengatasi kerusakan yang terjadi di wajah, misalnya paparan sinar matahari. Berikut cara membuat masker wajah dari alpukat.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Liptint

  • Ambil daging sebuah alpukat dan siapkan 1 sdm madu murni
  • Lumatkan alpukat sehingga tekturnya menyerupai bubur
  • Tambahkan 1 sdm madu ke alpukat dan kemudian aduk rata
  • Kemudian oleskan ke wajah dengan kuas masker atau spatula dan diamkan selama 15 menit
  • Setelah itu bilas dengan air hangat baru setelahnya bilas dengan air dingin

5. Masker Kulit Jeruk

Kulit jeruk sudah pasti mengandung vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C di sini berperan sebagai agen untuk bleaching yang mampu membuat kulit menjadi lebih cerah. Kandungan lainya yang ada di kulit jeruk diantaranya adalah antioksidan yang cukup tinggi.

Cara membuat masker wajah dari kulit jeruk adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kulit jeruk kering, 1 sdt bubuk kayu cendana dan air mawar
  • Haluskan kulit jeruk yang kering
  • Setelah itu campur dengan 1sdt bubuk kayu cendana serta air mawar secukupnya
  • Aduk secara merata dan buat teksturnya menyerupai pata
  • Oleskan ke wajah lebih kurang 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Cara Membuat Masker Wajah untuk Jerawat

Cara Membuat Masker Wajah untuk Jerawat
Sumber: Image by Rosina-Sch from Pixabay

Selain wajah yang kusam, permasalahan kulit wajah adalah jerawat. Jerawat yang tidak dirawat secara benar akan menimbulkan inflamasi ke kulit kamu. Sebab itulah masker-masker alami di bawah ini bisa jadi andalan kamu untuk mengatasi jerawat.

1. Masker Minyak Zaitun

Masker minyak zaitun sudah jadi andalan beauty vlogger untuk mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Minyak ini memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat akan berkurang. Gimana sih cara membuat masker wajah dari minyak zaitun?

  • Siapkan 1 sdm minyak zaitun yang murni serta 1 sdm kaolin clay khusus untuk kosmetik
  • Campur minyak zaitun dan kaolin clay. Kemudian aduk hingga merata
  • Setelah itu, oleskan pada wajah kamu dan tunggu sampai kering
  • Bilas dengan menggunakan air bersih dan keringkan

2. Masker Timun

Timun nggak hanya bisa dijadikan lalapan loh girls!

Kalau kamu bisa memanfaatkannya secara benar, timun bisa disulap menjadi masker yang mampu mengatasi bekas jerawat. Kombinasi air dan mineral yang terkandung dalam timun mampu mengatasi bekas jerawat yang hitam-hitam.

Bagaimana cara membuat masker wajah dari timun?

  • Kamu perlu menyiapkan timun yang sudah dicuci bersih
  • Kemudian parut timun sehingga teksturnya menyerupai bubur
  • Oleskan ke wajah kamu dan diamkan lebih kurang 15 menit supaya nutrisinya meresap
  • Biarkan hingga kering, baru setelahnya bilas sampai bersih

3.  Masker Aloevera

Masker wajah alami untuk mengatasi jerawat yang terakhir adalah masker yang berasal dari Aloevera. Efek dingin yang dihasilkan dari aloevera mampu mengatasi kulit wajah yang sedang meradang akibat jerawat. Belum lagi aloevera pun memiliki kelembaban ekstra yang cocok untuk kulit kering.

Berikut ini adalah cara membuat masker wajah dari alovera:

  • Siapkan 1 sdm gel aloevera (misalnya Nature Republik), 2 sdm krim susu serta kunyit seperlunya
  • Kemudian campurkan seluruh bahan tadi dan aduk secara merata hingga teksturnya menyerupai pasta
  • Setelah itu oleskan masker secara merata ke seluruh area wajah
  • Diamkan masker selama 20 hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih memakai air hangat.

Baca juga: Cara Waxing Kaki

Gimana girls, berguna banget kan buat merawat kulit kamu? Semoga cara membuat masker wajah dari bahan alami ini bisa jadi teman kamu dalam merawat kulit wajah ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

Buat kamu yang hobi banget icip-icip makanan, 10 makanan khas Indonesia ini wajib kamu coba. Kenapa? 10 Makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, bahkan makanan...

Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Salah satu sosial media yang cukup menarik banyak perhatian orang adalah Instagram. Kamu pastinya juga jadi salah satu pengguna Instagram ‘kan? Sosial media yang...

Cara Menabung untuk Liburan

Liburan sudah menjadi kebutuhan pribadi bagi setiap orang. Meskipun hanya bisa melakukan satu kali dalam setahun, setidaknya kamu harus memberikan waktu untuk berlibur. Tapi,...

7 Cara Membedakan Lipstik Matte Asli dengan Palsu

Salah satu item wajib untuk make up adalah lipstik, bener kan girls? Lipstik itu banyak macamnya. Ada lipstik matte, satin, velvet, lip tint atau...

6 Manfaat GPS Bagi Kehidupan Sehari–Hari

Pernahkah kamu mendengar istilah GPS? Pastinya pernah ‘kan? Tetapi, sudah tahu belum kepanjangan dari GPS? GPS adalah kepanjangan dari Global Positioning System yang berarti...