Home Kecantikan 7 Langkah Cara Membuat Smokey Eyes dengan Mudah

7 Langkah Cara Membuat Smokey Eyes dengan Mudah

Girls, tau nggak sih trend make up mata smokey eyes?

Trend make up mata ini kali pertama muncul dari negara Amerika. Ciri khas yang membuat make up ini terkenal adalah tampilannya yang bold dengan efek yang dramatis. Meskipun dominan menggunakan warna gelap, smokey eyes nggak akan membuat make up kamu menyeramkan loh.

Memang nggak semua penampilan akan cocok dipadukan dengan riasan smokey eyes. Umumnya jenis make up mata ini digunakan saat malam hari pada acara-acara tertentu. Terus kalau nggak cocok pakai smokey eyes pakai apa dong?

Jenis-jenis Eyeshadow

Jenis-jenis Eyeshadow
Sumber: Image by Anna Sulencka from Pixabay

Yap girls, make up untuk mata nggak hanya smokey eyes aja. Ada 6 jenis make up mata yang bisa kamu coba satu persatu setiap harinya. Tenang aja, semua bahan make up yang digunakan sama, asalkan warna eyeshadow yang kamu miliki beragam. Apa aja sih jenis make up mata itu?

1. Single Shadow

Serupa dengan namanya, jenis make up mata ini hanya butuh 1 warna eyeshadow aja. Karena sederhana, single shadow sering digunakan untuk tampilan sehari-hari. Selain itu, single shadow juga cocok banget buat kamu yang baru belajar menggunakan eyeshadow.

Cara pengaplikasiannya pun nggak rumit. Cukup memulas 1 warna eyeshadow dari dalam ke arah luar kelopak mata. Kamu bisa mengulangi langkahnya sesuai dengan ketebalan yang kamu inginkan.

Baca juga: 8 Cara Membuat Masker Wajah

2. Two Shades Gradient

Two shades gradient menggabungkan 2 warna eyeshadow menjadi sebuah kesatuan make up mata. Biasanya warna yang digunakan adalah matte dengan shimmer. Matte digunakan sebagai base, sedangkan shimmer digunakan sebagai top coat. Supaya lebih menyatu, gunakan teknik blening menggunakan blending brush.

3. Smokey Eyes

Nah ininih yang akan kita bahas bersama-sama nantinya. Jenis make up mata ini menggabungkan 3 warna eyeshadow yan gelap, netral dan terang. Bagaimana cara membuat smokey eyes dengan mudah? Alat untuk membuatnya apa aja? Simak sampai akhir yaps!

4. Cut Crease

Teknik make up mata cut crease memag lebih susah dibanding 3 jenis make up mata sebelum ini. Bahan yang dibutuhkan pun lebih banyak. Cut Crease akan memberikan efek mata yang besar, lebar serta tegas kepada mata.

Selan itu, teknik ini nggak cocok untuk dipraktekan oleh pemula. Hal ini dikarenakan untuk membuat make up ini perlu waktu yang sedikit lama serta tingkat kesulitannya cukup tinggi.

5. Halo Eyes

Kalau kamu menginginkan tampilan mata yang berbinar dan cerah, kamu bisa mencoba halo eyes. Jenis make up mata ini pun cukup mudah diaplikasikan serta nggak membutuhkan banyak bermain warna eyeshadow. Teknik berbinar didapatkan dengan menggunakan eyeshadow glitter di bagian top coat dari mata.

6. Glossy Lids

Jenis make up mata yang terakhir adalah glossy lids. Sesuai namanya, jenis make up mata ini membuat mata menjadi lebih glossy atau sedikit basah. Kesan akhir yang dihasilkan oleh make up jenis ini adalah dewy look.

Alat untuk Membuat Smokey Eyes

Alat untuk Membuat Smokey Eyes
Sumber: Image by Karolina Grabowska from Pixabay

Gimana? Sekarang sudah paham kan apa aja make up yang bisa digunakan di mata? Kini saatnya membahas tentang alat yang digunakan untuk membuat smokey eyes. Tenang, karena termasuk jenis make up sederhana, alatnya nggak bakal ribet kok.

Baca juga: 3 Cara Membuat Liptint Sendiri

Kamu hanya perlu menyiapkan:

  • Set brush mata
  • Eyeshadow warna gelap ke netral
  • Eyeliner
  • Primer mata
  • Eye remover
  • Bulu mata
  • Maskara

Simple kan? Kalau sudah siap semua, yuk perhatikan cara membuat smokey eyes dengan mudah di bawah ini.

7 Cara Membuat Smokey Eyes dengan Mudah

7 Langkah Cara Membuat Smokey Eyes dengan Mudah
Sumber: Photo by Vyacheslav Shpak on Unsplash

  1. Sebelum mulai membuat smokey eyes, jangan lupa bersihkan terlebih dahulu bagian kelopak mata kamu. Kalau teresan kering, maka gunakan moisturizer terlebih dahulu. Gunakan pula primer ke mata supaya eyeshadow nantinya menempel ke mata.
  2. Kalau kamu masih pemula, coba gunakan liner untuk membuat garis bantu Jangan lupa untuk memilih liner yang berwarna sama dengan eyeshadow yang akan kamu gunakan. Misalnya base eyeshadow kamu adalah biru, coba pilih liner yang kebiruan supaya lebih terlihat futuristik.
  3. Setelah itu, aplikasikan eyeshadow biru ke seluruh kelopak mata menggunakan brush Untuk membuat tampilan mata yang lebih cantik, jangan lupa untuk mengaplikasikan di bawh mata sedikit.

Hindari Kesan yang Menyeramkan

  1. Ketika warna dasar sudah merata ke kelopak mata, ambil eyeshadow dengan warna biru yang lebih gelap lagi. Aplikasikan pada sudut bagian luar mata dengan teknik memutar. Teknik ini membuat eyeshadow lebih menyatu satu sama lain dan terihat samar. Gradasi dari warna biru dasar dengan bilu gelap akan membuat mata kamu lebih berdimensi.
  2. Setelah itu, blend seluruh eyeshadow dan arahkan ke bagian dalam dari kelopak mata. Guakan blending brush ya supa hasil dari percampuran eyeshadow jadi lebih rapi. Aplikasikan secaraperlahan supaya warna percampuran yang didapatkan lebih halus. Ketika lebih halus, maa gradasi dari smokey eyes tidak akan terlalu compang-camping.
  3. Rapikan bagian dari sudut-sudut mata yang tidak rapi menggunakan eye remover. Hal ini berguna supaya smokey eyes kamu menjadi lebih cantik tanpa cela.
  4. Langkah terakhir adalah menambahkan bulu mata dan maskara. Bulu mata akan menambah kesan dramatis yang ditimbulkan dari smokey eyes. Sedangkan maskara akan mempertegas bentuk mata ketika menggunakan make up mata tersebut.

Kesalahan Membuat Smokey Eyes

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Cara Membuat Smokey Eyes dengan Mudah
Sumber: rimma.co

Ada beberapa kesalahan dalam membuat smokey eyes yang membuat riasan jenis ini terlihat menyeramkan. Nggak hanya pemula, tetapi beberapa beauty vlogger pun kadang melakukan kesalahan ini.

  1. Melewatkan pimer sebagai base kelopak mata sebelum menggunakan

Hal ini tidak akan berefek jika kulit kamu cenderung normal dan eyeshadow memiliki pigmentasi yang bagus. Tetapi kalau kulit kamu kering ataupun berminyak, maka eyeshadow kamu akan cepat hilang.

  1. Salah Teknik Membaurkan Eyeshadow

Kesalahan kedua yang sering dilakukan dalam membuat smokey eyes adalah salah teknik ketika membaurkan eyeshadow. Kesalahan ini akan membuat eyeshadow terlihat tidak rata dan sedikit menggumpal. Sering-seringlah berlatih supaya hasil smokey eyes kamu menjadi lebih menyatu.

  1. Mengaplikasikan Eyeshadow Teralu Banyak di Bawah Mata

Memberika eyeshadow di bawah mata memang nggak salah. Ini justru akan membuat mata terlihat lebih cantik dan tegas. Tetapi proses membaurnya tentu harus dengan teknik yang benar. Kalau kamu salah mengaplikasikan porsi eyeshadow di bawah mata, mata kamu akan terlihat lebih berat dan sedikit menyeramkan. Nggak mau kan?

  1. Memakai Bulu Mata yang Tebal dan Maskara yang Berlebihan

Menambahkan bulu mata dan maskara memang akan menambah efek dramatis dari smokey eyes, tetapi kalau terlalu banyak justru akan terlihat menyeramkan dan berat. Jadi gunakanlah secukupnya saja.

Baca juga: Dasar Make Up untuk Pemula

Itu dia 7 cara membuat smokey eyes dengan mudah. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

6 Tempat Kemping di Bandung

Udara yang sejuk di daerah Bandung menjadikan kota satu ini sebagai tujuan bagi wisatawan yang ingin kemping. Selain untuk kemping, kebanyakan tempat wisata di...

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

Buat kamu yang hobi banget icip-icip makanan, 10 makanan khas Indonesia ini wajib kamu coba. Kenapa? 10 Makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, bahkan makanan...

Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Salah satu sosial media yang cukup menarik banyak perhatian orang adalah Instagram. Kamu pastinya juga jadi salah satu pengguna Instagram ‘kan? Sosial media yang...

Cara Menabung untuk Liburan

Liburan sudah menjadi kebutuhan pribadi bagi setiap orang. Meskipun hanya bisa melakukan satu kali dalam setahun, setidaknya kamu harus memberikan waktu untuk berlibur. Tapi,...

7 Cara Membedakan Lipstik Matte Asli dengan Palsu

Salah satu item wajib untuk make up adalah lipstik, bener kan girls? Lipstik itu banyak macamnya. Ada lipstik matte, satin, velvet, lip tint atau...