Home Wisata Cara Packing Barang untuk Pendaki Pemula

Cara Packing Barang untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung boleh jadi memang hobi yang menantang. Tetapi, hobi yang satu ini tentunya butuh persiapan yang cukup matang. Baik persiapan fisik maupun perlengkapan yang akan dibawa saat mendaki. Apalagi, pendakian gunung bisa mencapai beberapa hari, maka barang yang dibawa pun tidak akan sedikit.

Banyaknya barang bawaan tidak jarang membuat kamu para pendaki jadi bingung bagaimana cara packing yang benar, apalagi jika kamu masih pendaki pemula. Tapi tenang saja, jika kamu memang masih belum paham betul gimana cara packing sebelum mendaki, di bawah ini akan ada ulasan lengkap tentang cara packing barang untuk pendaki pemula.

Daftar Barang yang akan Dibawa

Daftar Barang yang Akan dibawa
Sumber: rayadventure.com

Pertama, buat susunan daftar barang yang akan kamu bawa. Hal ini untuk memudahkan kamu mengelola kembali mana barang yang wajib atau tidak untuk kamu bawa. Dengan mendaftar barang-barang tersebut, nantinya kamu juga akan lebih mudah menyesuaikan tas atau carrier yang akan kamu gunakan untuk mengemas barang.

Adanya daftar barang juga menghindarkan kamu dari ketinggalan barang-barang wajib saat mendaki, seperti matras, survival kit, senter, jaket dan lainnya.

Kelompokkan Barang yang akan Dibawa

Kelompokkan Barang yang akan Dibawa
Sumber: hipwee.com

Setelah menyusun daftar barang, kelompokkan barang dengan tepat. Disarankan mengelompokkan barang berdasarkan kegunaan barang dalam perjalanan. Hal ini memudahkan dalam pencarian barang ketika kamu memerlukannya.

Contohnya, mengelompokkan perlengkapan memasak dan peralatan makan dalam satu kelompok. Dalam mengemas setiap barang, usahakan kamu menggunakan kantong anti air. Tujuannya untuk menghindari barang menjadi basah bila terkena hujan.

Atur Penempatan Barang

Atur Penempatan Barang
Sumber: nomadenesia.wordpress.com

Langkah ketiga, atur penempatang barang kamu dalam carrier dengan tepat dan rapi. Penempatan barang juga disarankan berdasarkan berat dan kebutuhan barang. Barang yang memiliki berat lebih besar daripada yang lain sebaiknya ditempatkan dekat dengan punggung.

Selanjutnya, tempatkan benda berukuran sedang di bawah benda yang berat guna menahan benda berat agar tidak terjun ke bawah. Untuk bagian paling atas bisa ditempatkan benda yang akan sering digunakan dalam kebutuhan mendesak, seperti mantel, flysheet, tisu dan camilan. Untuk bagian paling bawah bisa ditempatkan sleeping bag dan baju ganti, karena barang tersebut akan jarang digunakan.

Baca juga: Peralatan Mendaki Gunung Semeru

Gunakan Matras untuk Mengokohkan Carrier

Gunakan Matras Untuk Mengokohkan Carrier
Sumber: hipwee.com

Cara keempat ini adalah dengan menempatkan matras secara vertikal dalam carrier. Penempatan ini bertujuan agar carrier bisa berdiri kokoh dan melindungi dari rembesan air. Selain itu, bisa memudahkan kamu dalam membawa carrier. Jika ditempatkan secara horizontal akan sulit ketika menabrak atau tersangkut sesuatu.

Seimbangkan Posisi Carrier

Seimbangkan Posisi Carrier
Sumber: review.bukalapak.com

Perhatikan juga keseimbangan tas kamu dengan memposisikan berdiri. Apabila tas kamu miring ke satu arah. Rapikan kembali penempatannya agar tas kamu seimbang. Keseimbangan tas ini akan memudahkan kamu dalam membawa carrier tersebut saat mendaki.

Manfaatkan Ruang Kosong pada Carrier

Manfaatkan Ruang Kosong pada Carrier
Sumber: indosurvival.com

Terakhir adalah menempatkan barang kecil pada ruang kosong yang ada pada carrier, baik di dalam atau di luar. Hal ini untuk memanfaatkan ruang kosong pada carrier, agar semua benda bisa masuk dalam carrier. Seperti gelas plastik, roti, camilan kecil, teh, kopi dan lain-lain. Untuk korek api, senter kecil dan kompas bisa kamu sisipkan pada baju yang tidak mengganggu pergerakan kamu.

Baca juga: 10 Chef Wanita dari Indonesia yang Terkenal

Itu dia keseluruhan cara yang bisa kamu terapkan saat melakukan packing barang untuk mendaki. Cara di atas diharapkan bisa memberi informasi packing yang baik ya terutama untuk kamu yang baru pertama kali mendaki. Jangan lupa untuk selalu utamakan safety saat mendaki dan selamat menjelajah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

6 Tempat Kemping di Bandung

Udara yang sejuk di daerah Bandung menjadikan kota satu ini sebagai tujuan bagi wisatawan yang ingin kemping. Selain untuk kemping, kebanyakan tempat wisata di...

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

Buat kamu yang hobi banget icip-icip makanan, 10 makanan khas Indonesia ini wajib kamu coba. Kenapa? 10 Makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, bahkan makanan...

Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Salah satu sosial media yang cukup menarik banyak perhatian orang adalah Instagram. Kamu pastinya juga jadi salah satu pengguna Instagram ‘kan? Sosial media yang...

Cara Menabung untuk Liburan

Liburan sudah menjadi kebutuhan pribadi bagi setiap orang. Meskipun hanya bisa melakukan satu kali dalam setahun, setidaknya kamu harus memberikan waktu untuk berlibur. Tapi,...

7 Cara Membedakan Lipstik Matte Asli dengan Palsu

Salah satu item wajib untuk make up adalah lipstik, bener kan girls? Lipstik itu banyak macamnya. Ada lipstik matte, satin, velvet, lip tint atau...