Home Kecantikan Cara Waxing Kaki Sendiri dengan Mudah

Cara Waxing Kaki Sendiri dengan Mudah

Girls, kamu tahu waxing nggak sih?

Menurut beberapa sumber, waxing adalah sebuah pola untuk menghilangkan rambut halus atau bulu secara semi permanen. Teknik yang digunakan waxing adalah mencabut rambut dari akarnya, sehingga bulu-bulu halus pun nggak tersisa di kulit.

Biasanya ada beberapa bagian tubuh yang sering di waxing, misalnya alis, ketiak, kaki, lengan, dan miss V. Belum ada penelitian yang membuktikan kalau waxing secara rutin dapat menghambat pertumbuhan bulu. Kalau mau bulu hilang ya waxing rutin sebelum bulu tumbuh kembali.

Dulunya waxing hanya menggunakan 1 jenis aja, yaitu mengoleskan lilin ke bagian badan. Kemudian di atasnya ditempelkan handuk atau sejenis kain kasa. Setelah itu ditekan-tekan secara menyeluruh dan ditarik sesuai dengan arah tumbuhnya bulu.

Tetapi zaman sekarang waxing sudah banyak jenisnya. Kamu bisa memilih cairan untuk waxingnya, temperatur waxingnya hingga gaya waxingnya. Masing-masing jenis punya plus dan minus yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kamu.

Penasaran kan jenis waxing apa aja? Keep reading!

Jenis-Jenis Waxing yang Aman untuk di Rumah

Jenis-Jenis Waxing yang Aman untuk di Rumah
Suber: Serumpi.com

Jenis waxing bisa dibedakan dari 3 kategori, yakni dari texturnya, temperaturnya dan gaya waxingnya. Berikut pembagiannya berdasarkan 3 kategori tersebut.

Jenis Waxing Berdasarkan Teksturnya

Jenis waxing ini menggunkan lilin lebah atau parafin yang lembut sebagai media untuk mencabut bulu. Biasanya lilin lebah sudah dijual perkemasan di salon dan bisa langsung digunakan. Ada 3 jenis waxing yang masuk kategori ini, yaitu hard wax, soft wax dan sugar wax.

Hard Wax

Metodenya membiarkan cairan waxing sampai mengering dan mengeras, baru setelahnya bulu-bulu dicabut. Proses mencabutnya menggunakan tangan atau alat khusus untuk mencabut bulu satu persatu. Jenis ini cocok untuk waxing area kaki dan kulit sensitif.

Soft Wax

Nama lain dari soft wax adalah strip wax. Media yang digunakan juga berupa lilin, namun lebih cair. Sebelum melakukan waxing ini, pori-pori kamu akan dibuka melalui penguapan. Kemudian lilin dioleskan secara merata di kulit dan ditutup dengan kain kasa. Baru setelah agak mengering, kain tersebut dicabut bersamaan dengan bulu-bulunya.

Jenis waxing ini sangat cocok dilakukan di rumah serta digunakan di anggota badan yang memiliki bulu cukup banyak dan tersebar merata. Misalnya kaki dan punggung.

Sugar Wax

Kalau kulit kamu termasuk sensitif, jenis waxing ini sangat cocok. Sugar wax menggunakan media waxing yang berasal dari bahan-bahan alami, misalnya gula, madu an air. Gabungan ini akan menghasilkan cairan waxing yang lengket tetapi aman untuk kulit. Karena alasan ini pula banyak perempuan mengunakan metode sugar wax di rumah.

Jenis Waxing Berdasarkan Suhu

Waxing berdasarkan suhu atau temperatur dibagi menjadi 2, yakni hot wax dan cold wax. Hot wax biasa disebut dengan soft wax ataupun hard wax, jadi nggak perlu didetailkan lagi ya girls!

Nah kalau cold wax merupakan jenis waxing yang memang didesain untuk waxing sendiri di rumah. Tetapi sayangnya, lilin parafin yang digunakan masih belum bisa dibuat sendiri, jadi kamu harus membelinya jika ingin cold wax.

Jenis Waxing Berdasarkan Gaya

Waxing memang nggak hanya digunakan di kaki. Sebab itulah jenis waxing berdasarkan gaya ini kebanyakan digunakan di daerah intim kewanitaan. Ada apa jenis waxingnya?

Triangle Trim

Waxing model ini memberikan bekas segitiga di area intim perempuan. Biasanya perempuan melakukan waxing ini supaya terlihat percaya diri ketika menggunakan baju renang.

American Waxing

Kalau triangle trim meninggalkan garis bulu segitiga, american waxing tidak meninggalkan bulu sehelai pun, kecuali bagian yang tertutupi oleh line bikini. Karena itulah waxing ini sering  dijuluki dengan bikini line wax.

Baca juga: Cara Membuat Serum Vitamin C

French Waxing

French waxing adalah jenis waxing yang digunakan untuk menghilangkan rambut bagian depan miss V sepenuhnya dan sebagian sedikit bagian belakang.

Brazilian Waxing

Kalau kamu tertarik menghilangkan seluruh bulu yang menempel pada miss V, kamu wajib memilih brazilian waxing. Tetapi sayangnya, jenis waxing ini nggak boleh dilakukan sendirian, jadi harus dilakukan oleh orang yang profesional.

Cara Membuat Waxing Kaki Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat Waxing Kaki Sendiri dengan Mudah
Sumber: Youtube.com

Dari penjelasan di atas, tentu kamu sudah paham bahwa jenis waxing yang boleh dilakukan di rumah hanya sugar wax, cold wax dan soft wax. Tetapi media atau cairan yang bisa kamu buat sendiri hanya cairan untuk sugar wax.

Karena itulah Goodmeme akan bocorin rahasia cara membuat waxing kaki sendiri dengan mudah dan ampuh untuk sugar wax. Apa aja langkah-langkahnya?

1. Menyiapkan Bahan Cara Membuat Waxing Kaki Sendiri dengan Mudah

Ketika membuat cairan untuk melakukan sugar wax, bahan-bahan yang perlu kamu siapkan sebagai berikut:

  • Secangkir gula pasir
  • Secangkir madu
  • Secangkir sari lemon
  • Seperempat gelas air bersih
  • Kompor
  • Panci
  • Wadah waxing
  • Sendok kayu

Panci yang kamu gunakan haruslah anti lengket, sebab hasil percampuran cairan waxing akan sangat lengket dan mudah mengeras.

2. Memasak Bahan-bahan

Memasak Bahan-bahan
Sumber: Image by Three-shots from Pixabay

Setelah bahan-bahan sudah siap, masukkan seluruhnya secara bertahap ke panci. Tunggu semua bahan hingga mencair dan jangan diaduk. Aduklah ketika semua bahan yang dimasukkan ke panci sudah mencair supaya kandungan masing-masing bahan tidak rusak.

Baca juga: Dasar-dasar Make Up untuk Pemula

Teruslah mengaduk searah jarum jam hingga cairan mendidih. Ketika mendidih cairan akan berubag seperti karamel. Kemudian angkat dari kompor. Oh iya, gunakan api kecil ya!

3. Tunggu Hingga Cairan Berubah Menjadi Hangat

Kamu harus menunggu karamel tersebut hingga berubah menjadi hangat atau suam-suam kuku. Jangan memasukkan karamel ke dalam kulkas untuk mempercepat pendinginannya, sebab akan merusak kandugan dari karamel. Suhu karamel harus benar-benar kamu perhatikan supaya tidak terlalu dingin dan akhirnya mengeras.

4.      Aplikasikan ke Kulit bagian Kakimu dan Tempelkan Kain Kasa

Setelah hangat, balurkan karamel ke seluruh kaki kamu secara bergantian. Gunakan spatula kecil supaya cairan karamel dapat merata dengan baik ke seluruh kaki. Ingat ya girls, jangan terlalu tipis saat mengaplikasikannya, karena nggak bakal efektif mencabut bulu kakimu. Setelah merata, letakkan kain kasa di atasnya dan tekan-tekan secara perlahan.

5.      Kelupas Kasa yang Menempel pada Kaki

Ketika sudah cukup menempel ke karamel, lepaskan kain kasa secara cepat dan searah dengan tumbuhnya bulu. Sakit memang sudah pasti, tetapi kalau kamu mengelupas kain kasa secara perlahan, bulu kakimu nggak akan kecabut.

6.      Cuci Kaki Bekas Waxing dengan Air Hangat

Nah, sebagai pereda rasa perih dan inflamasi pada kulit, cuci kaki dengan air hangat. Selain meredakan rasa sakit, air hangat juga bisa membantu membersihkan sisa-sisa karamel yang masih menempel. Kamu juga bisa menambahkan sabun supaya lebih wangi.

Do’s and Don’ts Ketika Waxing di Rumah

Do’s and Don’ts Ketika Waxing di Rumah
Sumber: Theeverygirl.com

Girls, ternyata kamu perlu perhatikan beberapa hal sebelum mulai melakukan waxing di rumah. Apa aja itu?

  1. Kamu dilarang melakukan waxing seminggu sebelum jadwal kamu menstruasi. Sebab saat itulah tubuh kamu akan semakin sensitif terhadap rasa sakit.
  2. Kamu pun nggak disarankan melakukan olahraga berat selepas melakukan waxing. Gesekan kain dengan kulit ketika olahraga dan bercampur dengan keringat membuat kulit gampang iritasi.
  3. Kamu boleh menggunakan pereda rasa sakit loh saat melakukan waxing.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Liptint Sendiri

Itu dia girls, cara membuat waxing kaki sendiri dengan mudah. Gimana? Nggak perlu ke salon lagi kan kalau mau waxing kaki? Happy trying!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

Buat kamu yang hobi banget icip-icip makanan, 10 makanan khas Indonesia ini wajib kamu coba. Kenapa? 10 Makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, bahkan makanan...

Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Salah satu sosial media yang cukup menarik banyak perhatian orang adalah Instagram. Kamu pastinya juga jadi salah satu pengguna Instagram ‘kan? Sosial media yang...

Cara Menabung untuk Liburan

Liburan sudah menjadi kebutuhan pribadi bagi setiap orang. Meskipun hanya bisa melakukan satu kali dalam setahun, setidaknya kamu harus memberikan waktu untuk berlibur. Tapi,...

7 Cara Membedakan Lipstik Matte Asli dengan Palsu

Salah satu item wajib untuk make up adalah lipstik, bener kan girls? Lipstik itu banyak macamnya. Ada lipstik matte, satin, velvet, lip tint atau...

6 Manfaat GPS Bagi Kehidupan Sehari–Hari

Pernahkah kamu mendengar istilah GPS? Pastinya pernah ‘kan? Tetapi, sudah tahu belum kepanjangan dari GPS? GPS adalah kepanjangan dari Global Positioning System yang berarti...