Home Memasak 10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

Buat kamu yang hobi banget icip-icip makanan, 10 makanan khas Indonesia ini wajib kamu coba. Kenapa?

10 Makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, bahkan makanan ini sudah punya penggemar tersendiri di mancanegara. Beberapa diantaranya bahkan sudah tercatat di UNESCO sebagai warisan dunia. Perpaduan dari rempah-rempah pilihan dikombinasikan dengan bahan-bahan penunjang lainnya, membuat makanan khas Indonesia begitu menggoda. Kadang dari jauh pun kamu sudah bisa mencium aroma masakan khas ini.

Kira-kira makanan apa aja sih yang wajib kamu coba? Yuk simak 10 daftarnya di bawah ini ya!

1. Rendang Makanan Khas Indonesia dari Minangkabau, Sumatera Barat

Rendang Makanan Khas Indonesia dari Minangkabau, Sumatera Barat
Sumber: kongkrit.com

Makanan khas Indonesia yang jadi favorit turis mancanegara adalah rendang. Olahan daging yang dimasak dengan waktu yang lama hingga menghasikan aroma dan rasa yang amat gurih. Panganan ini sebenarnya tidak memiliki tampilan yang menarik, tetapi rasa yang dihasilkan boleh diadu dengan makanan lainnya.

Rendang kini nggak hanya diolah dengan bahan utama daging sapi. Ada beberapa kreasi dari resep rendang, misalnya rendang daging ayam atau rendang tempe bagi kamu yang vegetarian. Secara garis besar model memasaknya sama, namun tentunya perlu sedikit penyesuaian seperti lama memasak.

2. Nasi Goreng

nasi goreng
Sumber: Image by Adelia Rosalinda from Pixabay

Selain Rendang, Nasi Goreng adalah makanan khas dari Indonesia yang juga mendunia. Makanan ini berasal dari Pulau Jawa. Dulunya nasi goreng hanya berupa olahan nasi yang digoreng dengan margarin/minyak goreng dan ditambah dengan kecap serta telur. Tetapi varian nasi goreng kini sudah semakin banyak. Biasanya ada yang ditambah dengan sosis, sayurn, daging ayam atau bahkan kerupuk. Ada pula yang mengganti nasi putih dengan nasi jagung.

Nasi goreng juga memiliki fans di Belanda. Racikan antara garam, lada, bawang serta bumbu lainnya berhasil memikat warga Belanda. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemukan nasi goreng hampir di setiap sudut wilayah kota ataupun desa.

Baca juga: 10 Chef Wanita dari Indonesia yang Terkenal

3. Bakso Makanan Khas Indonesia dari Pulau Jawa

Bakso Makanan Khas Indonesia dari Pulau Jawa
Sumber: Image by Stivian Putra from Pixabay

Makanan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah bakso. Serupa dengan rendang, pada awal kemunculan bakso dibuat dengan daging sapi. Daging sapi diolah serta dikombinasikan dengan tepung serta bumbu-bumbu lainnya dan dibentuk menjadi bulat. Setelah dibentuk bulat, adonan tersebut direbus di air mendidih bekas merebus daging.

Karena banyak yang menyukai bakso, akhirnya bebrapa orang membua variasi menunya. Kini bakso bisa dibuat dari jamur, ikan, daging ayam, udang hingga daging kerbau. Toping pelengkap dari bakso biasanya berupa bihun, tahu, bawang goreng dan pangsit goreng.

4. Gudeg Makanan Khas Indonesia dari Yogyakarta

Gudeg Makanan Khas Indonesia dari Yogyakarta
Sumber: Miro.medium.com

Makanan khas dari Indonesia selanjutnya datang dari Yogyakarta, yaitu gudeg. Makanan ini identik dengan rasa manis dan gurih. Gudeg sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Bahan pembuatan dari kedua gudeg ini sama, yaitu gori atau nangka muda.

Gudeg basah umumnya disajikan dengan tempe, tahu, ayam dan telur sebagai pelengkap. Semua pelengkap dimasak dengan metode bacem. Sedangkan gudeg kering adalah gudeg basah yang telah ditumis.

Selain terbuat dari nangka muda, gudeg juga dapat dibuat dari putik bunga kelapa. Kadang orang Yogyakarta pun sering menambahkan rebung serta potogan daging sebagai pelengkap. Jadi bagaimana, makin tertarik mencoba gudeg?

5. Tempe

tempe
Sumber: Image by Mochamad Arief from Pixabay

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang dibuat dari kedelai fermentasi. Orang vegetarian sering menggunakan tempe sebagai protein pengganti daging. Bahkan kandungan protein yang ada pada tempe lebih banyak daripada daging. Tempe berwarna putih dengan kedelai sedikit kekuningan. Karena banyak yang menggunakan tempe sebagai penggani daging, akhirnya tempe nggak hanya diproduksi di Indonesia.

Tempe bisa dimasak dengan banyak metode, misalnya tempe goreng, tempe bakar hingga sebagai bahan pelengkap makanan. Rasanya gurih dan cocok bila dipadukan dengan beragam makanan. Kalau kamu suka olahan tempe seperti apa sih guys?

Baca juga: 10 Chef Pria dari Indonesia yang Terkenal

6. Sate

sate
Sumber: Image by Sherra Triarosdiana from Pixabay

Sate pada awalnya dibuat dari daging ayam, sapi, babi dan kambing yag dipotong kecil-kecil, kemudian ditusuk dan dipanggang. Proses pemanggangannya menggunakan arang dari sabut kelapa supaya rasa dan aroma sate tetap khas. Bumbu pelengkap sate ada 2, yaitu bumbu kacang yang dicampur dengan kecap atau kecap yang diirisi dengan bawang serta cabai.

Karena rasanya yang sungguh lezat, sate akhirnya mendunia. Sangking terkenalnya, sate pun dibuat dalam baragam variasi. Misalnya sate jamur, sate tempe, sate tahu, sate daging kuda, sate domba dan lain lain. Serupa dengan nasi goreng, sate pun berasal dari Pulau Jawa. Kamu bahkan bisa mendapatkan makanan ini di setiap sudut Indonesia.

Sate pun populer di beberapa negara, seperti Filipina, Malaysia, Singapura dan Thailand. Karbohidrat pelengka sate umumnya adalah lontong atau ketupat.

7.  Mie Rebus/Mie Goreng

mie goreng
Sumber: Youtube

Makanan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah mie rebus dan mie goreng. Kenapa mendunia? Karena olahan mie rebus/mie goreng di Indonesia berbeda. Bumbu yang dipadukan sangat gurih dan asin sehingga banyak orang dari mancanegara menyukainya. Orang-orang di luar negeri menilai bahwa mie rebus/mie goreng yang ‘Indonesia sekali’ adalah Indomie.

Olahan mie ini biasanya ditambahi dengan banyak toping seperti telur, sosis, dan sayuran. Mie juga identik dengan makanan anak kos, sebab harganya dinilai lebih murah daripada makanan lainnya. Beberapa mie instan Indonesia yang populer di mancanegara adalah Indomie dan Mie Sedap.

8. Soto

soto
Sumber: tipsberbagi.com

Makanan khas Indonesia yang mendunia nomor delapan adalah soto. Soto memiliki banyak nama lain di Indonesia, seperti Sroto, Sauto, Tauto, ataupun coto. Bentuknya berupa sup yang dibuat dari kaldu daging ayam, sapi ataupun kambing.

Di Indonesia soto memiliki rasa yang berbeda-beda sesuai dengan asal soto tersebut. Misalnya Soto Betawi jelas berbeda dengan Coto Makasar. Belum lagi, soto pun kadang diberi nama sesuai isian dari soto tersebut, contohnya soto babat, soto ayam atau soto campur.

Hidangan pelengkap soto diantaranya adalah mie bihun, kentang, nasi, lontong, cakwe dan ketupat. Soto pun dilengkapi dengan perkedel, koya, sambal dan kerupuk emping.

9. Gado-gado

gado gado
Sumber: Nibble.id

Gado-gado adalah makanan yang berasal dari sayur-sayuran rebus, sayuran mentah dan protein tempe tahu, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Karena bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung protein hewani, gado-gado jadi favorit pra turis mancanegara yang vegetarian. Kadang ada pula gado-gado yang ditambahkan dengan irisan telur.

Untuk menambah asupan karbohidrat dalam gado-gado, beberapa daerah di Indonesia menyajikan gado-gado dengan lontong ataupun nasi.

10. Sop Buntut

sop buntut
Sumber: Cookpad

Sop buntut adalah makanan khas indonesia yang mendunia terakhir. Sop buntut dibuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui baru setelahnya dibakar ataupun digoreng. Setelah dibakar atau digoreng, ekor sapi dimasak kembali dengan menggunakan kuah kaldu sapi, dan jadilah sop buntut.

Sop buntut juga diberi irisan tomat, kentang, daun bawang, bawang goreng dan wortel. Selain disajikan secara bersamaan, sop buntut juga dapat disajikan dengan terpisah. Yakni butut sapi dipisah dengan kuah kaldunya.

Baca juga: 10 Inovasi Memasak Tempe

Jadi itu dia 10 makanan khas Indonesia yang mendunia. Kira-kira mana nih yang belum kamu coba, guys?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

6 Tempat Kemping di Bandung

Udara yang sejuk di daerah Bandung menjadikan kota satu ini sebagai tujuan bagi wisatawan yang ingin kemping. Selain untuk kemping, kebanyakan tempat wisata di...

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

Buat kamu yang hobi banget icip-icip makanan, 10 makanan khas Indonesia ini wajib kamu coba. Kenapa? 10 Makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, bahkan makanan...

Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Salah satu sosial media yang cukup menarik banyak perhatian orang adalah Instagram. Kamu pastinya juga jadi salah satu pengguna Instagram ‘kan? Sosial media yang...

Cara Menabung untuk Liburan

Liburan sudah menjadi kebutuhan pribadi bagi setiap orang. Meskipun hanya bisa melakukan satu kali dalam setahun, setidaknya kamu harus memberikan waktu untuk berlibur. Tapi,...

7 Cara Membedakan Lipstik Matte Asli dengan Palsu

Salah satu item wajib untuk make up adalah lipstik, bener kan girls? Lipstik itu banyak macamnya. Ada lipstik matte, satin, velvet, lip tint atau...