Home Kesehatan 8 Makanan Tinggi Vitamin C

8 Makanan Tinggi Vitamin C

Apabila mendengar kata vitamin C, jeruk pastinya jadi salah satu nama buah yang muncul di pikiranmu, bukan? Buah jeruk memang dari dulu disebut-sebut sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Padahal, selain buah jeruk, masih ada banyak makanan yang punya kandungan vitamin C lebih tinggi.

Tapi, memang apa pentingnya sih vitamin C buat tubuh? Jawabannya sangat penting! Vitamin C ini adalah antioksidan yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh setidaknya membutuhkan vitamin C sebanyak 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita per hari. Berbeda lagi dengan anak kecil, jumlah vitamin C yang dibutuhkan sekitar 50 sampai 75 mg.

Jadi, apabila konsumsi vitamin C pada tubuhmu tidak mencapai jumlah tersebut, bisa saja kamu mengalami beberapa masalah kesehatan seperti mudah lelah, kulit kasar atau kering, gusi mudah berdarah, dan lain sebagainya. Nah, itulah pentingnya mengonsumsi vitamin C seperti buah jeruk supaya kamu terhindar dari masalah kesehatan tersebut.

Selain buah jeruk, masih ada beberapa jenis buah dan sayuran yang mengandung vitamin C yang jumlahnya tak kalah banyak dengan jeruk. Penasaran kira-kira apa saja sih sayur dan buah itu, simak ulasan 8 makanan berikut yang kaya akan vitamin C.

Lemon

Lemon
Sumber: RENE RAUSCHENBERGER from Pixabay

Buah lemon kerap dimanfaatkan oleh beberapa orang sebagai minuman dengan cara diperas terlebih dulu. Kandungan dari buah lemon memang terkenal kaya akan vitamin C dengan takaran sekitar 83 mg per buah yang berukuran sedang. Disamping itu, kamu perlu tahu jika buah lemon juga mengandung vitamin lain seperti B1, B2, B3, B5, dan vitamin E.

Dengan banyaknya kandungan dari buah lemon, pantas saja jika buah ini mempunyai segudang manfaat. Misalnya, untuk mengeluarkan atau mendetoks racun yang ada di tubuhmu, melancarkan pencernaan, dan menangkal bakteri. Bahkan, kandungan vitamin C juga telah diaplikasikan dalam dunia kecantikan seperti untuk menghilangkan jerawat, komedi, serta menghaluskan kulit.

Kiwi

Kiwi
Sumber: Photo Mix from Pixabay

Buah kiwi sebagai buah yang berasal dari New Zealand umumnya dikonsumsi dengan dijadikan campuran es buah, puding, dan kue. Rasa dari buah kiwi cenderung masam manis, namun sangat disukai oleh banyak orang.

Kandungan vitamin C dalam kiwi tergolong cukup besar yaitu sekitar 100 mg untuk per 100 gram buah. Jumlah ini tentu lebih banyak jika dibandingkan dengan jeruk. Jeruk hanya mampu memberikan kandungan vitamin C sekitar 54 mg per 100 gram buahnya. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mulai untuk mengonsumsi buah kiwi bila menginginkan buah dengan kadar vitamin C yang tinggi daripada jeruk.

Selain itu, ada kandungan vitamin lain dalam buah kiwi, diantaranya vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Lalu, ada pula kandungan kalium yang berfungsi untuk kesehatan jantung, serta kandungan serat yang bagus untuk kelancaran pencernaan.

Brokoli

Brokoli
Sumber: Allan Lau from Pixabay

Bukan hanya banyak ditemukan pada buah-buahan, vitamin C juga terdapat pada beberapa sayuran seperti brokoli. Sayuran dengan bentuk yang unik ini banyak dianjurkan supaya rajin dikonsumsi rutin dikarenakan manfaatnya yang melimpah.

Vitamin C yang ada pada brokoli ini berguna meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, dengan antioksidan yang ada pada vitamin C juga mampu membantu permasalahan kulit yang kamu alami. Seperti halnya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, serta memperbaiki tekstur kulit sehingga akan mencegah terjadinya keriput.

Kangkung

Kangkung
Sumber: Jason Goh from Pixabay

Satu lagi sayuran hijau yang punya kandungan vitamin C cukup banyak yaitu kangkung. Sayur ini nampaknya mudah sekali ditemukan dan bukan lagi sayur yang asing di Indonesia. Kandungan dari kangkung tidak boleh disepelekan karena sayur ini punya kandungan vitamin C sebesar 55 gram per 100 gram yang mana itu sudah memenuhi 51% kebutuhan vitamin C tubuh per hari.

Tak hanya vitamin C, kangkung ternyata juga punya kandungan vitamin A yang cukup tinggi yang bagus untuk melindungi mata dari serangan virus atau infeksi bakteri. Adanya kandungan mineral dalam kangkung berupa kalium dan natrium juga akan menjaga tubuhmu dari resiko dehidrasi akibat kekurangan kadar elektrolit.

Baca juga: Cara Membuat Serum Vitamin C Alami

Paprika

Paprika
Sumber: Kai Pilger from Pixabay

Paprika, buah dengan banyak warna ini ternyata punya kadar vitamin C yang sangat tinggi yaitu sekitar 143,7 mg per 100 gramnya, sangat tinggi, bukan? Dengan jumlah kandungan vitamin C yang sebanyak itu, tak salah jika seorang peneliti pernah menggunakan paprika untuk dimanfaatkan sebagai ekstrak vitamin C.

Buah dengan rasa yang manis bercampur pedas ini punya 3 macam warna diantaranya paprika hiijau, kuning, dan merah. Paprika yang berwarna hijau termasuk paprika yang belum matang dengan rasa yang agak pahit, serta kandungan vitamin C-nya tak begitu banyak. Lalu, pada paprika kuning, bisa dikatakan belum terlalu matang, namun rasanya sudah agak manis dan punya kandungan vitamin C lebih tinggi dibanding paprika hijau.

Paprika merah inilah yang punya kandungan vitamin C paling banyak dibandingkan dengan dua paprika lainnya mengingat paprika merah termasuk buah yang sudah matang penuh. Rasanya juga lebih manis dan pedas daripada paprika hijau dan kuning.

Blackcurrant

Blackcurrant
Sumber: PublicDomainPictures from Pixabay

Blackcurrant punya bentuk buah yang bulat kecil-kecil dengan warna kehitaman, sehingga disebut sebagai anggur hitam. Meskipun buahnya kecil-kecil, tetapi kandungan dari buah ini begitu kaya dengan aneka vitamin, termasuk vitamin C. Dengan adanya kandungan vitamin C, imun tubuhmu akan lebih kebal, meringankan gejala flu yang kamu alami, serta meredakan radang tenggorakan.

Nanas

Nanas
Sumber: Pineapple Supply Co. from Unsplash

Salah satu buah tropis ini mempunyai kandungan vitamin C yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaanmu, menguatkan tulang dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tak cukup sampai di situ, manfaat nanas juga sangat bagus bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Kalori yang ada pada nanas termasuk cukup rendah sehingga kamu tak perlu khawatir berat badanmu naik drastis setelah memakan nanas.

Mangga

Mangga
Sumber: HOTCHICKSING from Unsplash

Rasa dari buah mangga yang manis dan kadang cenderung masam menjadikan buah ini sebagai buah favorit banyak kalangan. Disamping rasanya yang manis, memakan buah ini juga memberikan efek menyegarkan.

Berbiacara masalah kandungan vitamin C dari mangga, buah ini mengandung sekitar 34 mg per 100 mg dari buahnya. Kandungan ini sangat ampuh untuk menangkal radikan bebas, menurunkan tingkat kolesterol, anti inflamasi, anti bakteri, anti kanker, dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Tak heran jika buah ini semakin banyak dicari disaat musim panennya, bukan hanya rasanya yang manis saja, tetapi manfaatnya yang begitu banyak. Konsumsi buah mangga bisa dilakukan dengan membuatnya sebagai jus, manisan, campuran untuk es buah, dan lain sebagainya.

Kesehatan tubuh adalah salah satu harta berharga yang perlu untuk kamu jaga. Imunitas tubuh juga erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Jika imun menurun, maka tubuh akan lebih mudah terserang virus atau penyakit.

Baca juga: Cara Membuat Liptint Sendiri

Oleh karenanya, kamu harus tetap memperhatikan konsumsi makanan yang masuk ke tubuhmu. Dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin C seperti di atas, setidaknya tubuhmu akan terhindar oleh masalah kesehatan akibat kekurangan vitamin C serta imunitas tubuhmu juga akan meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

6 Cara Menjadi YouTuber

Di era milenial ini, YouTube pastinya jadi salah satu platform yang cukup umum digemari oleh banyak kalangan. Kepopuleran platform yang satu ini, bahkan, membuat...

Pesona 10 Chef Pria dari Indonesia yang Terkenal

Profesi sebagai chef memang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Profesi yang bergulat dengan dunia masak memasak ini memang sempat booming kembali. Comeback yang sudah...

8 Keunggulan Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang masih berhubungan dengan ilmu bisnis dan ekonomi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan...

8 Keunggulan Jurusan Komunikasi

Menjelang kelulusan SMA, kamu pastinya akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan. Salah satunya bisa jadi berhubungan dengan jurusan apa yang akan kamu ambil jika kamu...

7 Langkah Cara Membuat Smokey Eyes dengan Mudah

Girls, tau nggak sih trend make up mata smokey eyes? Trend make up mata ini kali pertama muncul dari negara Amerika. Ciri khas yang membuat...