Home Kesehatan 8 Makanan Tinggi Vitamin D

8 Makanan Tinggi Vitamin D

Vitamin punya kegunaan yang penting untuk kesehatan dan kekebalan tubuh manusia. Jenis vitamin terbagi menjadi 6 macam yang dikelompokkan dalam dua jenis kelompok. Nah, dari 6 macam vitamin tersebut, tentunya vitamin satu dengan yang lain punya perbedaan manfaat dan fungsi.

Berbicara salah satu macam vitamin, ada satu vitamin yang sering dihubungkan dengan kesehatan tulang, yaitu vitamin D. Sebenarnya, vitamin D bukan hanya berperan sebagai vitamin, tetapi juga berperan sebagai pro-hormon.

Selain itu, jika kamu selama ini mengenal vitamin D sebagai vitamin yang bagus buat tulang, hal tersebut memang benar, hanya saja vitamin D masih punya peran dan manfaat lain. Beberapa diantaranya adalah untuk dijadikan sebagai zat gizi anti kanker, menurunkan resiko terkena diabetes, serta menurunkan resiko mengalami depresi dari cara kerjanya yang meningkatkan fungsi otak.

Selanjutnya, pastinya kamu akan bertanya-tanya bagaimana caranya bisa mendapatkan asupan vitamin D? Caranya sangat mudah, kok. Vitamin D ini sebenarnya bisa diproduksi oleh tubuhmu ketika kamu sedang berjemur di bawah terik matahari.

Namun, selain bisa diproduksi langsung oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari, kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan yang kamu konsumsi. Nah, beberapa makanan yang punya kandungan vitamin D bisa kamu simak berikut.

Udang

Udang
Sumber: Wow Phochiangrak from Pixabay

Umumnya, dalam satu porsi udang, terdapat kandungan vitamin D sebesar 152 IU. Perlu kamu tahu, jika dalam satu hari, tubuh membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 600 IU (unit internasional) bagi usia 1-70 tahun.

Sedangkan, bagi usia di atas 70 tahun, jumlah kadar vitamin D yang dibutuhkan lebih tinggi yaitu sekitar 800 IU. Kandungan dari satu porsi udang tersebut setidaknya telah mencukupi 25% dari kebutuhan vitamin D harian untuk tubuhmu.

Udang juga tak hanya punya kandungan vitamin D, tetapi ada pula kandungan vitamin B2, fosfor, dan protein. Bahkan, ada pula yang menyebut jika udang cocok untuk kamu yang sedang melakukan program diet karena kandungan rendah lemak dari udang.

Jamur

Jamur
Sumber: Timothy Dykes from Unsplash

Jika kamu salah satu penggemar makanan olahan jamur, kamu patut berbangga karena makanan ini punya kandungan vitamin D yang tinggi. Jumlahnya sekitar 446 IU per 100 gramnya. Dengan banyaknya kandungan ini, setidaknya kebutuhanmu akan vitamin D telah terpenuhi lebih dari setengahnya.

Tingginya kandungan vitamin D pada jamur membuat jamur punya segudang manfaat seperti mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tingkat kolesterol tinggi, dan menghambat tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

Tahu dan Tempe

Tahu dan Tempe
Sumber: Peter Chou from Pixabay

Jangan salah sangka, produk olahan kacang kedelai yaitu pasangan tahu dan tempe ini juga kaya akan vitamin D. Mungkin selama ini tahu dan tempe terkesan sebagai makanan yang biasa-biasa saja, namun nyatanya kandungan per 100 gram dari tahu dan tempe mengandung 157 IU vitamin D.

Baca juga: Olahraga yang Cocok untuk Pria

Kandungan tersebut telah mencukupi lebih dari 20% kebutuhan harianmu akan vitamin D. Disamping adanya vitamin D,  tahu dan tempe juga punya kandungan protein lebih banyak dibandingkan dengan daging, bahkan kalsium yang ada di tahu dan tempe juga setara dengan susu sapi.

Kuning Telur

Kuning Telur
Sumber: nichiiro from Unsplash

Jika putih telur mempunyai kandungan protein, maka kuning telur mempunyai kandungan yang lebih lengkap lagi yaitu vitamin, mineral, dan lemak. Jumlah vitamin D yang terkandung pada kuning telur ini adalah 41 IU vitamin D per satu butir telurnya.

Namun, kamu juga tidak diperbolehkan mengonsumsi kuning telur terlalu banyak. Alasannya tak lain dikarenakan kuning telur juga mengandung 200 mg kolesterol. Jadi, untuk konsumsi per harinya tidak boleh melebihi 300 mg kuning telur. Bila berlebihan, kamu bisa terkena masalah kesehatan.

Susu

Susu
Sumber: Couleur from Pixabay

Sejak dulu, susu memang dikaitkan dengan kesehatan tulang yang berasal dari adanya kandungan kalsium yang tinggi, begitu juga dengan kandungan vitamin D-nya. Sejak kecil pun, mungkin kamu juga sering mendengar jika susu sangat bagus untuk menjaga kesehatan gigi.

Terdapat sekitar 99 IU vitamin D dalam 175 ml susu. Dengan jumlah tersebut, pantas saja jika susu dimasukkan ke dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Jenis susu yang dapat dikonsumsi serta kaya akan kandungan vitamin D, bukanlah jenis susu sapi saja. Melainkan, susu kedelai juga bisa kamu konsumsi sebagai alternatif jika saja kamu alergi dengan susu sapi atau kamu adalah seorang vegetarian.

Sereal

Sereal
Sumber: Nyana Stoica from Unsplash

Makanan yang satu ini banyak digunakan oleh orang-orang sebagai sarapan di pagi hari sebagai pengganti nasi. Tak jarang orang yang memilih sarapan dengan sereal adalah orang dengan kesibukan yang menggunung, sehingga memilih sereal supaya lebih praktis.

Baca juga: 8 Makanan Tinggi Vitamin C

Namun, ada juga yang memilih sarapan sereal karena sereal dianggap lebih sehat. Hal tersebut memang tidak salah mengingat kandungan sereal juga tak kalah dengan nasi. Makanan ini punya 332 IU vitamin D per 100 gramnya.

Kadar vitamin D yang tinggi ini akan membantu tubuhmu melawan dan menangkal radikal bebas. Kemudian, juga bisa sebagai tameng anti kanker payudara berkat kandungan antioksidannya. Bukan hanya bagus untuk kesehatan tubuh, konsumsi sereal juga bagus untuk kesehatan mental loh. Dengan mengonsumsi sereal secara rutin tiap harinya, mood-mu akan menjadi lebih baik sehingga tingkat stress akan menurun.

Yoghurt

Yoghurt
Sumber: Bernadette Wurzinger from Pixabay

Sebagai makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi susu, makanan ini punya kandungan gizi yang bagus, salah satunya berupa vitamin D. Umumnya, pada 6 ons yoghurt mengandung sekitar 88 IU vitamin D. Namun, tidak semua yoghurt punya jumlah kandungan vitamin D yang sama.

Dengan adanya kandungan vitamin D tersebut, kamu bisa menjadikan yoghurt sebagai salah satu daftar camilan sehat untuk dikonsumsi secara rutin. Dengan jumlah kalorinya yang rendah juga, yoghurt pun sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan diet.

Keju Cheddar

Keju Cheddar
Sumber: Daniel Albany from Pixabay

Jenis keju memang tidak sedikit dan tentunya manfaat yang dipunya pun tidak semua sama. Keju cheddar punya ciri-ciri yang berwarna kuning cenderung pucat dengan tekstur sedikit keras. Sesuai namanya, keju cheddar ini merupakan keju yang berasal dari sebuah desa di Inggris bernama desa Cheddar.

Keju ini sering dijadikan sebagai campuran bahan kue atau roti dikarenakan rasanya yang lezat. Disamping kelezatannya, keju cheddar termasuk jenis keju yang punya kandungan vitamin beragam terutama vitamin D. Lalu, ada juga vitamin A, B, E, dan vitamin K. Kandungan tersebut bekerja sama untuk memberikan manfaat penting bagi tubuh yang mengonsumsinya seperti mampu menjadi anti kanker dan melawan radikal bebas.

Baca juga: 8 Olahraga yang Cocok untuk Wanita

Setelah mengetahui 8 makanan yang tergolong tinggi akan vitamin D tersebut, kamu bisa memulai menata kembali asupan makananmu supaya tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Tetapi, meskipun vitamin D bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan di atas, jangan melewatkan untuk berjemur di bawah terik matahari setidaknya 15 sampai 20 menit. Supaya tubuh pun tetap memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

6 Cara Menjadi YouTuber

Di era milenial ini, YouTube pastinya jadi salah satu platform yang cukup umum digemari oleh banyak kalangan. Kepopuleran platform yang satu ini, bahkan, membuat...

Pesona 10 Chef Pria dari Indonesia yang Terkenal

Profesi sebagai chef memang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Profesi yang bergulat dengan dunia masak memasak ini memang sempat booming kembali. Comeback yang sudah...

8 Keunggulan Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang masih berhubungan dengan ilmu bisnis dan ekonomi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan...

8 Keunggulan Jurusan Komunikasi

Menjelang kelulusan SMA, kamu pastinya akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan. Salah satunya bisa jadi berhubungan dengan jurusan apa yang akan kamu ambil jika kamu...

7 Langkah Cara Membuat Smokey Eyes dengan Mudah

Girls, tau nggak sih trend make up mata smokey eyes? Trend make up mata ini kali pertama muncul dari negara Amerika. Ciri khas yang membuat...