Home Teknologi 6 Manfaat GPS Bagi Kehidupan Sehari–Hari

6 Manfaat GPS Bagi Kehidupan Sehari–Hari

Pernahkah kamu mendengar istilah GPS? Pastinya pernah ‘kan? Tetapi, sudah tahu belum kepanjangan dari GPS? GPS adalah kepanjangan dari Global Positioning System yang berarti sistem pemosisi global.

GPS ini punya banyak sekali manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Nah, memang seberapa penting sih kegunaan GPS ini? Daripada penasaran, langsung saja yuk simak 6 manfaat dari GPS berikut ini.

Memantau Barang Berharga

Memantau Barang Berharga
Sumber: Mika Baumeister from Unsplash

Manfaat pertama dari GPS adalah digunakan dalam memantau barang berharga. Kebanyakan pemanfaatan GPS dalam hal ini dilakukan oleh perusahan besar seperti perusahaan otomotif dan elektronik.

Penggunaan GPS seringkali diterapkan oleh perusahaan besar tersebut saat mengirim barang dalam jarak jauh. Akan tetapi, selain digunakan dalam perusahaan, GPS juga bisa kamu gunakan di rumahmu sendiri. Hal ini digunakan untuk memastikan barang berharga yang ada di rumahmu dalam kondisi aman dan tetap pada posisi seharusnya.

Mengawasi Posisi Anggota Keluarga

Mengawasi Posisi Anggota Keluarga
Sumber: stiebp.ac.id

Manfaat selanjutnya dari GPS disamping bisa untuk mengawasi keberadaan barang, juga bisa mengawasi keberadaan manusia. Beberapa orang memanfaatkan kegunaan GPS ini untuk mengawasi keberadaan anggota keluarga.

Misalnya saja orang tua yang ingin memantau apakah anaknya dalam keadaan aman atau tidak. Caranya dilakukan dengan menghubungkan pada ponsel yang dimiliki anggota keluarga.

Memudahkan Navigasi dalam Perjalanan

Memudahkan Navigasi dalam Perjalanan
Sumber: Bram Van Oost from Unsplash

Siapa nih yang biasanya hobi jalan-jalan ke tempat baru? Pasti seru ‘kan ya bisa traveling ke tempat baru? Selain untuk refreshing, traveling juga bisa kamu gunakan sebagai ajang untuk mengenal tempat-tempat baru.

Namun, tak jarang saat melakukan traveling sering terkendala dengan pencarian lokasi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kamu nampaknya tidak perlu bingung lagi, apalagi GPS juga bisa kamu manfaatkan sebagai navigasi atau penunjuk arah saat kamu melakukan perjalanan.

Kamu bisa menjelajahi seluruh tempat hanya dengan memasang GPS di kendaran pribadi atau di smartphone kamu. Dengan adanya GPS ini, kamu hanya perlu menuliskan nama lokasi atau tempat tujuan kamu, dan nantinya akan muncul peta serta navigasi yang akan mengarahkanmu ke tempat tersebut. Jadi lebih seru dan mudah ‘kan perjalananmu?

Baca juga: 8 Cara Membuat Masker Wajah, Cepat, dan Ampuh

Membagikan Lokasi Usaha

Membagikan Lokasi Usaha
Sumber: techno.okezone.com

Manfaat GPS bukan hanya untuk keperluan pribadi aja nih, tapi bisa juga kamu manfaatkan dalam bisnis kamu. Adanya GPS ini mampu memudahkan kamu untuk membagikan lokasi usaha yang sedang kamu geluti. Tentunya, kamu juga tak perlu kesulitan dalam menjelaskan lokasi usaha ke teman atau orang lainnya. Tentu asik ‘kan jika usaha yang kamu miliki dapat diketahui banyak orang?

Untuk Keperluan dalam Bidang Militer

Untuk Keperluan dalam Bidang Militer
Sumber: Jon Flobrant from Unsplash

Adanya GPS ini ternyata penting banget lho buat bidang militer. Kira-kira kalian tahu tidak bagaimana pemanfaatan GPS buat bidang militer? Jadi, sebenarnya GPS ini penting digunakan dalam medan perang. Contohnya, menuntun arah bom kepada lawan dan juga mengetahui posisi pasukan.

Dalam peperangan pasti ada pasukan dan lawan. Jadi, GPS digunakan untuk menghindari adanya salah sasaran. Selain itu, juga mampu melacak keberadaan atau pergerakan dari pasukan. Gimana keren ‘kan kegunaan GPS?

Memudahkan dalam Sistem Informasi Geografis

Memudahkan dalam Sistem Informasi Geografis
Sumber: Hin und wieder gibts mal was. from Pixabay

Dalam pembuatan peta, tentunya perlu GPS sebagai referensi pengukuran dan mengukur jarak perbatasan juga. Selain itu, GPS yang memiliki ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan dari tanah. Sehingga, melalui GPS juga bisa melihat kemungkinan terjadinya gempa, baik tektonik maupun vulkanik.

Baca juga: Cara Membuat Pembukuan Sederhana dengan Excel

Dari 6 manfaat yang sudah disebutkan tadi, kamu jadi semakin tahu dong kalau GPS ternyata penting sekali untuk kehidupan sehari-hari? Disamping kemudahan yang diberikan oleh GPS, pastikan kalau kamu tetap memanfaatkan GPS untuk keperluan yang baik ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

6 Tempat Kemping di Bandung

Udara yang sejuk di daerah Bandung menjadikan kota satu ini sebagai tujuan bagi wisatawan yang ingin kemping. Selain untuk kemping, kebanyakan tempat wisata di...

10 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Wajib Coba!

Buat kamu yang hobi banget icip-icip makanan, 10 makanan khas Indonesia ini wajib kamu coba. Kenapa? 10 Makanan khas Indonesia ini sudah mendunia, bahkan makanan...

Cara Membuat Feed Instagram Menarik

Salah satu sosial media yang cukup menarik banyak perhatian orang adalah Instagram. Kamu pastinya juga jadi salah satu pengguna Instagram ‘kan? Sosial media yang...

Cara Menabung untuk Liburan

Liburan sudah menjadi kebutuhan pribadi bagi setiap orang. Meskipun hanya bisa melakukan satu kali dalam setahun, setidaknya kamu harus memberikan waktu untuk berlibur. Tapi,...

7 Cara Membedakan Lipstik Matte Asli dengan Palsu

Salah satu item wajib untuk make up adalah lipstik, bener kan girls? Lipstik itu banyak macamnya. Ada lipstik matte, satin, velvet, lip tint atau...